Bolehkah Perempuan Olahraga dikala Menstruasi?

Haid merupakan hal yang dialami oleh segala wanita tiap-tiap bulannya. Selama masa menstruasi, wanita merasakan kurang gigih dan lebih memilih untuk mengurangi aktivitas di hari pertama. Hal ini dikarenakan rasa nyeri saat haid.

Tak cuma itu, dikala sedang menstruasi pada biasanya wanita juga akan merasakan jengkel, perubahan mood, khawatir, nafsu makan bertambah dan sebagainya. Tapi, ini ialah hal wajar yang dialami oleh wanita. Cek informasi tentang Obat Pelancar Haid Apotik disini.

Untuk memecahkan permasalahan tersebut, Anda dapat berolahraga selama menstruasi. Dikenal olahraga juga mempunyai manfaat jikalau dikerjakan saat datang bulan. Berolahraga bisa memberi pengaruh tingkat hormon. Meski ini bukanlah hal yang menyenangkan untuk dijalankan, namun bisa membikin menstruasi Anda lancar dan teratur.

Berikut ini ialah sebagian manfaat yang diperoleh seandainya berolahraga dengan cara yang tepat ketika menstruasi. Sebagaimana melansir Boldsky.

- Meningkatakan mood anda
- Dapat menghilangkan kelelahan dan sakit kepala
- Meringankan kram dikala menstruasi dan meningkatkan peredaran darah
- Olahraga membikin Anda teratur dalam menstruasi

Zat endorphin pada tubuh dilepaskan selama olahraga yang berperan sebagai obat penghilang rasa sakit secara alami. Tapi seandainya perut terasa nyeri, jangan terlalu dipaksakan, karena dengan begitu Anda hanya akan berbahaya diri sendiri.

Sementara itu olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu berjalan atau jogging selama beberapa menit. Selain itu latihan kardio ringan seperti peregangan tubuh dengan yoga yang bisa dilaksanakan di rumah. Sedangkan olahraga yang seharusnya dihindari merupakan latihan intensif dan latihan di tempat perut. Kecuali itu hindari juga pose yoga dalam situasi terbalik sebab dapat menyebabkan aliran darah lebih banyak mengalir dan kram perut yang amat menyakitkan.

Jadi berolahraga tidak akan memunculkan luka. Olahraga ringan tidak membahayakan tubuh,. Tapi yang Anda rasakan hanyalah rasa tak nyaman karena takut bocor. Padahal demikian masih banyak wanita yang lebih memilih berolahraga selama menstruasi. Salah satunya membantu mereka menghilangkan kram menstruasi yang sungguh-sungguh menyakitkan.

Kalau Anda telah terbiasa berolahraga dikala menstruasi maka konsisten kerjakan hal hal yang demikian untuk memberikan tenaga pada tubuh dalam menjalani aktivitas dan menghilangkan stres.